Sunday, March 18, 2012

Binahong – Si Hijau yang Berkhasiat

BINAHONG – namanya kedengaran aneh. Tetapi khasiatnya luar biasa.

Dua bulan yang lalu, tanaman ini tumbuh subur di pekarangan samping. Ayah menyiapkan tempat merambatnya dari kayu yang ditata sedemikian rupa. Dulu binahong seperti berebut tempat dengan paria yang juga tumbuh menjalar. Saat ini tanaman itu nyaris gundul. Mungkin karena pengaruh cuaca ekstrim yang bisa tiba-tiba berubah panas-terik menjadi hujan-dingin. Paria malah sudah tak ada lagi.


Binahong (Latin : Bassela rubra linn, Inggris : Heartleaf maderavine madevine, Cina : Deng san chi) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.
 Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya[i].
Dua bulan yang lalu masih subur seperti ini
Merambat hingga ke tali jemuran (2 bulan yang lalu)

Khasiatnya sangat banyak. Selain daun, konon batangnya pun bisa dipergunakan. Yang umum dikenal adalah menyembuhkan luka luar. 

Selain itu bisa pula meningkatkan vitalitas pria, juga dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke[ii].
Fotokopian tentang khasiat binahong

Dari sebuah fotokopian yang diperoleh ayah saya dituliskan:

Untuk mengobati luka ringan karena sayatan pisau atau benda tajam yang tak disengaja: 1 lembar daun binahong diremas dengan tangan sampai hancur lalu dibobok dengan cara menutupkannya pada luka. Untuk luka sehabis operasi, minum sehari sebanyak dua kali. Dalam sekali minum  menggunakan 3 lembar daun yang sudah agak tua. Cuci bersih, masukkan dalam gelas. Siram dengan air panas. Diamkan hingga suhunya memadai untuk diminum[iii].

Ada pula yang menyebutkan khasiatnya untuk mengatasi: pembengkakan jantung, pembengkakan lever, memulihkan stamina setelah sembuh dari sakit, rhematik, nyeri otot, asam urat, mencegah stroke, sesak napas, disentri, diabetes, radang usus besar, keputihan, menyuburkan kandungan, dan kerusakan ginjal[iv]

Ada tetangga yang menyembuhkan bengkak bernanah di pangkal kuku jempol kakinya dengan daun ini. Ada pula ustadz yang ceramah di masjid menyembuhkan luka karena diabetesnya. Kalau kawan mendapatinya di sekitar rumah, tak ada salahnya dicoba ^__^

Sekarang tinggal sedikit, kekuningan pula warnanya

Makassar, 18 Maret 2012

Dibaca juga dong J:



No comments:

Post a Comment